Sunday 27 September 2015

13:54
4
Assalamualaikum Wr. Wb.
Hallo semuanya...? kembali lagi bersama saya Mohamad Ibnu Rizky. Kali ini saya ingin memberitahu kepada sobat-sobat semua tentang Logika & Algoritma. Metode yang saya pilih kali ini adalah Logika & Algoritma Flowchart, pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan yang namanya flowchart. Kali ini saya menggunakan flowchart untuk membuat penghitungan kalkulator untuk menentukan faktorial. Oke tanpa basa-basi lagi mari kita langsung ke TKP... :D


Peralatan yang digunakan:
  1. PC / Laptop tentunya
  2. Aplikasi Raptor, jika belum mempunyai raptor silahkan download disini
  3. PC / Laptop harus sudah terinstall NET Framework (minimal versi 3.5), jika belum terinstall silahkan download disini lalu install untuk bisa memakai aplikasi Raptor.
Cara Eksekusi algoritma untuk faktorial adalah sebagai berikut:
  1. Jalankan Aplikasi Raptor, maka tampilan awal raptor akan seperti ini.

  2. Ingatlah bahwa kita akan membuat flowchart faktorial, maka symbol yang kita perlukan adalah Assignment, Input, Loop, dan Output. Sisipkan terlebih dahulu Assignment untuk menambah variabel. Klik 2x pada kotak Assignment maka akan keluar kotak seperti pada gambar di bawah. Masukkan kata counter pada bagian Set, dan angka 1 pada kotak to. Klik done.


  3. Sisipkan lagi symbol Assignment --> klik 2x pada kotak Assignment tadi --> masukkan kata total pada bagian Set, dan angka 1 pada kotak to. klik done.

  4. Lalu kita sisipkan symbol Input, fungsinya adalah untuk memasukkan angka sesuai keinginan, sehingga angka tersebut nantinya akan diwakili oleh variabel. Setelah disisipkan --> klik 2x pada symbol input --> masukkan kata "Masukkan Angka" di kolom Enter Prompt Here --> masukkan kata bil di kolom Enter Variable Here. contohnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini.


  5. Sisipkan symbol Loop dan ikuti perintah yang telah disisipkan seperti pada gambar di bawah ini. Untuk memasukkan kata-kata, sobat-sobat tinggal mengklik 2x di setiap symbol yang ingin disisipi kata-kata.

  6. Terakhir sobat-sobat harus menyisipkan output, fungsinya adalah untuk menampilkan hasil perhitungan kepada kita. dan sisipkan perintah bil+"! = "+total pada kotak yang disediakan output setelah kita mengklik 2x pada kotak symbol output.


  7. Setelah semuanya selesai, silahkan coba klik run dan masukkan angka sesuai keinginan untuk mengetahui faktorialnya.


  8. Setelah itu sobat akan mengetahui hasil faktorial dari angka yang sobat masukkan tadi dan akan muncul di kotak dialog MasterConsole.


SELAMAT MENCOBA :)

Jika masih belum paham, harap tuliskan komentar di bawah ya.

DILARANG COPY PASTE TANPA MENYERTAKAN ALAMAT SUMBER

4 comments:

  1. Replies
    1. Terimakasih sudah berkunjung. kurang paham di bagian mana?

      Delete
  2. Dibaca sebuah nilai yang merepresentasikan umur, jika nilai tersebut 0-4
    maka pesan yang ditampilkan “Anda masih balita”, jika nilai tersebut 5-11
    maka pesan yang ditampilkan “Anda masih kanak-kanak”, jika nilai tersebut
    12-17 maka pesan yang ditampilkan “Anda masih Remaja”, jika nilai tersebut
    18-40 maka pesan yang ditampilkan “Anda sudah dewasa”, jika nilai tersebut
    >40 maka pesan yang ditampilkan “Anda sudah manula,

    ReplyDelete
  3. Terima kasih anda sangat membantu

    ReplyDelete