Thursday 17 March 2016

07:43
MELODI NEGARA INDONESIA
INDONESIA RAYA




Negara Indonesia yang terdiri dari beribu pulau, beribu suku, beribu budaya, beribu golongan. Negara Indonesia dengan sejuta keindahannya. Indonesia yang berjuang bertahun-tahun demi kemerdekaannya. Indonesia dengan beribu pahlawan tanpa tanda jasa yang berjuang demi kemerdekaan Indonesia.

Semua itu bisa dipersatukan hanya dengan 1 lagu yaitu Indonesia Raya. Lagu Indonesia Raya merupakan melodi terindah bagi negara indonesia. Berhubungan dengan lagu Indonesia Raya, teringat perjuangan WR Soepratman memperjuangan lagu ciptaannya itu.

Indonesia Raya adalah lagu kebangsaan Republik Indonesia, diperdengarkan pertama kali pada tanggal 28 Oktober 1928 saat Kongres Pemuda II di Batavia (Jakarta). Sebagai Lagu Kebangsaan, Indonesia Raya selalu dikumandangkan saat pengibaran bendera diseluruh upacara resmi kenegaraan, saat akan dimulainya pertandingan kontingen asal Indonesia di tingkat internasional, pada sidang kenegaraan dan partai politik, dan berbagai acara lain yang bersifat resmi kenegaraan. Lagu kebangsaan Indonesia Raya dan penggunaannya diatur dalam Peraturan Pemerintah No.44 Tahun 1958.

Lagu Indonesia Raya mulai disusun oleh Wage Rudolf Supratman pada tahun 1924 pada waktu itu ia berada di Bandung. Pada tanggal 28 Oktober 1928 di Jakarta dilangsungkan Kongres Pemuda II, saat malam penutupan kongres, Wage Rudolf Supratman memperdengarkan lagu ciptaannya secara instrumental di depan peserta umum (secara intrumental dengan biola atas saran Soegondo berkaitan dengan kondisi dan situasi pada waktu itu, lihat Sugondo Djojopuspito). Semua yang hadir terpukau mendengarnya. Mulai saat itu apabila partai-partai politik mengadakan kongres, maka lagu Indonesia Raya selalu dinyanyikan. Lagu itu merupakan perwujudan rasa persatuan dan kehendak untuk merdeka.

Lagu Indonesia Raya di umumkan ke publik pada tanggal 10 November 1928 pada surat kabar Tionghoa berbahasa Melayu Sin Po. Lagu Indonesia Raya secara musikal telah diaransemen oleh Jos Cleber , orang Belanda (atau Belgia), setelah menerima permintaan Kepala Studio RRI Jakarta Jusuf Ronodipuro pada tahun 1950, Jos Cleber pun menyusun aransemen baru, yang penyempurnaannya ia lakukan setelah juga menerima masukan dari Presiden Soekarno. Rekaman asli dari Jos Cleber tahun 1950 dari Orkes Cosmopolitan Jakarta, telah dimainkan dan direkam kembali secara digital di Australia tahun 1997 berdasarkan partitur Jos Cleber yang tersimpan di RRI Jakarta, oleh Victoria Philharmonic di bawah pengarahan Addie MS.

Begitu indah lagu Indonesia Raya, begitu kuat lagu Indonesia Raya yang bisa mempersatukan seluruh pulau, budaya, dan golongan di Negara Kesatuan Republik Indonesia ini.

Aku bangga pada Indonesia, kekuatan Indonesia begitu besar, 1 lagu dapat mempersatukan seluruh rakyat yang berjumlah jutaan.

0 comments:

Post a Comment