Wednesday 23 March 2016

16:48
Bangsa Indonesia terdiri dari berbagai suku, bahkan ratusan suku yang tersebar di berbagai daerah di negara Indonesia. Dari suku-suku yang banyak itu melahirkan tradisi-tradisi yang berbeda pula, bahkan beberapa suku memiliki tradisi yang terbilang unik.

Berikut ini tradisi yang unik dari berbagai suku di Indonesia:

1. Tradisi Telinga Panjang Suku Dayak, Kalimantan


Proses pemanjangan telinga dilakukan sejak bayi, bagi suku Dayak Kyan, telinga panjang menunjukkan bahwa orang itu berasal dari bangsawan. Sementara, bila wanita yang memiliki telinga panjang menandakan seorang bangsawan atau budak karena kalah perang atau tidak mampu membayar hutang. Akan tetapi, ada juga anggapan bahwa pemanjangan telinga ini utuk melatih kesabaran dan kesanggupan menahan penderitaan, Pasalnya tradisi ini dilakukan dengan cara menggunakan pemberat berupa logam berbentuk lingkaran gelang atau gasing berukuran kecil.

2. Tradisi Mengasingkan Wanita hamil suku Naulu, Maluku


Suku ini memiliki tradisi pengasingan wanita hamil yang disebut Penamou. Wanita hamil akan diasingkan di sebuah gubuk kecil berukuran 2 x 2 m yang dilengkapi sebuah tempat tidur. Gubuk ini hanya boleh dikunjungi oleh sesama wanita, hingga wanita hamil yang berada di dalamnya melahirkan.

3. Tradisi mengganti pakaian mayat di Tana Toraja, Sulawesi Selatan


Setiap tiga tahun sekali, masyarakat yang bermukim di sekitar pegunungan Sesean menggelar tradisi mengganti pakaian mayat leluhurnya yang disemayamkan dalam peti tempat pekuburan Patane. Tradisi yang bernama Ma’nene ini, diawali dengan berkunjung ke lokasi pekuburan leluhur mereka. Kemudian, pakaian lama mayat leluhur digantikan dengan yang baru. Mayat leluhur ini dapat tersimpan dalam keadaan utuh karena sebelumnya telah diberi pengawet.

4. Tradisi potong jari Suku Dani, Papua


Suku Dani akan memotong jari mereka bila ada salah satu anggota keluarga yang meninggal. Bagi suku Dani, jari diartikan sebagai simbol kerukunan, kekuatan, dan persatuan dalam diri manusia maupun sebuah keluarga. Kehilangan salah satu ruas jari dapat mengakibatkan tangan tidak bekerja dengan maksimal. Begitu juga dengan sebuah keluarga yang ditinggalkan salah satu anggotanya. Tradisi ini dijalankan dengan berbagai cara. Di antaranya dengan menggunakan benda tajam, menggigit ruas jari hingga putus, atau mengikat jari dengan seutas tali sehingga aliran darahnya terhenti.

5. Tradisi berjalan kaki Suku Baduy, Banten


Suku ini terbagi menjadi dua yaitu Baduy Dalam dan Baduy Luar. Baduy Dalam adalah suku yang masih memegang teguh ajaran leluhurnya. Sedangkan, Baduy Luar sudah mengenal teknologi dan terbuka dengan budaya luar. Salah satu tradisi unik yang terdapat pada Suku Baduy Dalam adalah adanya pantangan untuk memakai alas kaki ataupun menaiki kendaraan. Jadi, masyarakat dari suku ini selalu berjalan dengan kaki telanjang untuk mencapai tujuannya. Bila aturan ini dilanggar, orang itu akan diusir dan diharuskan meninggalkan wilayah Suku Baduy Dalam. Lalu, orang itu dianggap menjadi bagian dari Suku Baduy Luar.

Begitu banyak budaya dan tradisi yang unik di negara Indonesia. Oleh karena itu Indonesia menjadi negara terunik.

0 comments:

Post a Comment