Friday 6 May 2016

08:49

Indonesia disebut-sebut sebagai tanah surga. Indonesia memiliki sumber daya yang melimpah, entah itu sumber daya yang dapat diperbaharui ataupun sumber daya yang tidak dapat diperbaharui. Mulai dari rempah-rempah sampai hasil tambang Indonesia memiliki semuanya, dari situ lah dahulu Belanda menjajah indonesia.

Indonesia memiliki 3 Sumber daya pokok, yaitu sumber daya alam yang dapat diperbaharui, sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, dan sumber daya manusia.
  1. Sumber Daya Alam yang tidak dapat diperbaharui
    Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui hampir semuanya merupakan sumber daya hasil tambang, contohnya adalah emas, perak, tembaga, nikel, marmer, asbes, intan, belerang, gypsum, karbon, minyak bumi, dan masih banyak lagi. Begitu banyak sumber daya hasil tambang yang dimiliki indonesia, tapi sayangnya semua itu dikelola bukan oleh negara Indonesia melainkan dikelola oleh orang yang berasal dari negara-negara asing.
  2. Sumber Daya Alam yang dapat diperbaharui
    Sumber daya alam yang dapat diperbaharui diantaranya adalah hayati (tumbuhan) dan hewani (hewan). contohnya adalah tumbuhan (raflessia arnoldi, bunga bangkai, cendana, anggrek, pinus, dll), hewan (harimau sumatra, badak bercula satu, anoa, burung cendrawasih, dll), tanah, air, udara. Begitu banyak sumber daya yang dapat diperbaharui dan dapat digunakan untuk bisnis demi menunjang kehidupan dan pendapatan negara indonesia, namun sekarang banyak kerusakan-kerusakan alam yang menyebabkan keseimbangan ekosistem terganggu. Dampaknya adalah banyak tumbuhan dan hewan punah, serta tercemarnya tanah, air, dan udara.
  3. Sumber Daya Manusia
    Sumber daya manusia yang berlimpah di Indonesia melahirkan banyak orang-orang yang unggul untuk memajukan negara Indonesia. Tapi sayangnya pemerintah jarang menanggapi dan memanfaatkan orang-orang yang unggul tersebut, dampaknya sumber daya manusia yang unggul yang dimiliki Indonesia berpindah haluan ke negara asing yang bisa mensejahterakan mereka.
Indonesia merupakan tanah surga, jika pemerintah tegas dan cekatan dalam mengelola negara Indonesia, agar masyarakat Indonesia dapat merasakan nikmatnya tanah surga.

0 comments:

Post a Comment